Bayar Pajak + Perpanjang STNK Motor

Tidak menyangka, motor Vega R yang saya bawa ke Semarang untuk kuliah sudah berusia 5 tahun dari pertama beli.

Ini berarti STNK-nya sudah harus diperpanjang. Tulisan ini saya buat semoga dapat beranfaat bagi temen-teman yang mengalami hal yang sama atau akan mengalami hal yang sama.

Kuliah di luar kota, STNK motor habis bulan ini??? berikut cara untuk memperpanjang STNK motor tanpa harus membawa pulang motor ke kampung halaman.

Gesek nomor mesin dan rangka di SAMSAT daerah sekitar

Ini langkah awalnya. Temen-temen silakan membawa motor ke SAMSAT terdekat untuk dilakukan peng-gesek-kan nomor mesin dan rangka. Ingat! Harus membawa BPKB dan STNK (untuk motor kredit yg blm ad BPKB sya krng pham :-)). Selanjutnya katakan pada petugas bahwa peng-gesek-kan yang dilakukan adalah untuk bantuan di SAMSAT daerah kampung halaman. Setelah selesai jangan lupa bayar biayanya. Sebesar Rp.10.000,-

Bawa ke SAMSAT Daerah Asal / Biro Jasa

Setelah berkas-berkas yang disiapkan di daerah rantau siap, kirim ke daerah asal. Bawa berkas tersebut ke SAMSAT daerah asal. Dalam hal ini saya menggunakan biro jasa agar lebih mudah dan tidak perlu mengantri lama. Berkas tersebut adalah BPKB, STNK, KTP Pemilik, dan Berkas gesek dari SAMSAT daerah asal.

Biaya yang dibutuhkan untuk tahap ini adalah sebesar Rp.340.000,- (melalui biro jasa). Jika tidak melalui biro jasa kemungkinan biayanya sebesar Rp. 300.000,- untuk motor Vega R.

Demikian sekilas pengalaman yang saya alami, semoga bermanfaat. <(^.^)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: