SEMOGA TIDAK ADA UNSUR KESENGAJAAN

Kebakaran yang terjadi di kompleks pasar johar Semarang pada Minggu, 10 Oktober 2010 sekitar pukul 23.00. Kebakaran ini sentak membuat masyarakat kota Semarang mengeluarkan berbagai opini, mengingat rencana revitalisasi pasar johar. Ada yang berpendapat bahwa kebakaran ini terdapat unsur kesengajaan, karena kebijakan pemerintah untuk merevitalisasi pasar johar tidak mendapat tanggapan positif dari para pedagang.

Tidak bermaksud untuk berburuk sangka, namun kejadian yang terjadi di kompleks pasar johar terjadi berbarengan dengan permasalahan revitalisasi pasar johar. Hal ini membuat masyarakat beranggapan kebakaran yang terjadi terdapat unsur kesengajaan. Pemeriksaan terhadap barang-barang sisa kebakaran masih dilakukan oleh tim Laboratorium forensic (Labfor), hasil dari pemeriksaan ini masih membutuhkan waktu. Semoga dapat segera dipublikasikan dan masyarakat dapat mengetahui penyebab sebenarnya kebakaran di kompleks pasar johar.

Pemerintah Kota Semarang, dalam website resminya semarang.go.id memberikan gambaran tentang pasar johar :

Merupakan bangunan setangkup dengan facade tunggal. Terdiri dari empat blok bangunan yang disatukan oleh gang selebar 8.00 meter. Orientasi bangunan kearah timur. Pasar Johar merupakan bangunan dua lantai hanya pada bagian tepi, sedangkan bagian tengah berupa void. Sisi melintang bangunan terdiri dari enam buah trafe, dan sisi membujur memiliki empat buah trafe. Pondasi dari batu, struktur dari beton bertulang, dengan sistem cendawan pada kolom-kolom. Kolom memiliki modul 6.00 meter dengan penampang berupa persegi delapan. Kolom seperti ini dinamakan kontruksi jamur (mushroom). Atap berupa atap datar terbuat dari beton. Pada bagian tertentu dari atap, diadakan peninggian sebagai lubang udara. Bangunan ini memenuhi tapak yang tersedia, sehingga tidak terdapat halaman ataupun ruang terbuka. Hal ini sesuai dengan prinsip Thomas Karsten yaitu efisien ruang.

Revitalisasi pasar johar bukan suatu hal yang salah, namun harus diberikan sosialisasi yang sangat jelas kepada para pedagang di pasar johar bahwa revitalisasi yang dilakukan adalah untuk kebaikan bersama. Semoga kebakaran yang terjadi membawa kebaikan untuk pasar johar dan kota Semarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: