AKU DAN IKAHIMATIKA INDONESIA

Tidak pernah terbayangkan sejak awal menjadi mahasiswa, ternyata saya di amanahkan menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Matematika (HMM) FMIPA Undip periode 2009, dan pada 2010 menjadi pengurus pusat IKAHIMATIKA Indonesia.

Sejak menjabat sebagat ketua HMM FMIPA Undip saya sering kali berhubungan dengan kegiatan di luar kampus. Sebagai awalan, saya bertemu dengan teman-teman IKAHIMATIKA Wilayah IV saat pembukaan taman baca di suatu mushola di Solo. Di sana berkumpul ketua-ketua himpunan dari berbagai perguruan tinggi. Tidak disangka, beberapa bulan menjabat menjadi ketua HMM teryata masih sangat luas pengetahuan yang belum saya ketahui.

Setelah mengetahui IKAHIMATIKA Wilayah IV, saya lebih banyak berhubungan dengan IKAHIMATIKA Subwil Semarang, bersama teman-teman dari UNNES, IAIN Walisongo, dan IKIP PGRI Semarang pada waktu itu. Sekarang sudah bertambah satu teman baru yaitu UKSW Salatiga. Dua moment yang tidak terlupakan. Muskerwil IKAHIMATIKA Wilayah IV dan studi banding Subwil Yogyakarta ke Subwil Semarang.

Muskerwil, saya termasuk lebih tua disbanding dengan peserta yang lain. Namun tidak menjadi masalah, saya coba menyesuaikan dan coba “mengendalikan” jalannya acara. Berniat untuk “mengendalikan” acara, saya justru dipilih menjadi presidium siding bersama Bayu dan Seto. Tidak berhenti sampai di sana, saya masih berusaha untuk “mengendalikan”, tidak bisa mengendalikan seluruhnya, saya mengendalikan dua presidium yang lain, yaitu Bayu dan Seto. Dua orang yang tidak terlupakan.

Studi banding Subwil Yogya ke Semarang. 8 perguruan tinggi dari Yogya dan 4 dari Semarang, maka 12 himpunan berkumpul menjadi satu dan saling mempresentasikan program kerja masing-masing untuk saling bertukan ide dan informasi. Eka “pujoN”, di sana pertama kali melihat ketua himpunan seorang perempuan. Luar biasa, tapi bukan hebat lebih tepatnya tidak biasa. Yang tak terlupakan adalah ternyata dana yang saya dapatkan dari kampus untuk kegiatan selama 1 tahun sangat berbeda dengan teman-teman dari perguruan tinggi lain. Dana yang saya dapatkan jauh lebih sedikit dari yang teman-teman dapatkan.

Tidak bisa berangkat Kongres di Papua. Bukan tidak ingin berangkat, tapi tidak bisa berangkat. Keadaan di kampus yang sedang dilanda “badai besar” permasalahan membuat saya harus selalu berada di kampus. Tidak bisa keluar, termasuk untuk mengikuti Kongres. Alhasil hanya bisa menunggu hasil Kongres.

Tidak ada Kongres, Muskerpun jadi. Setelah gagal berangkat ke Kongres, kesempatan datang. Masalah di kampus sudah mereda, saya bisa berangkat mengikuti Musker. Di sana saya tersentak dengan kondisi yang hebat, berbagai adat berkumpul untuk merumuskan program kerja, hasilnya 3 malam harus tidur lebih dari jam 00.00. Berusaha menyesuaikan diri, di hari-hari terakhir saya menjadi wakil dari komisi I untuk mempresentasikan hasil dari sidAng komisi I. Mulai dari sana saya semakin pahan dengan IKAHIMATIKA.

IKAHIMATIKA adalah ajang untuk bersilaturahmi antar himpunan, untuk saling bertukar ide, pengalaman, dan informasi. Bukan ajang untuk unjuk kebolehan kelebihan sendiri. Tapi ajang untuk mempelajari kelebihan orang lain.

3 Komentar »

  1. edofaqeeh Said:

    hmm…
    saya tersenyum membaca tulisan ini, mungkin tersenyum cukup lebar, kenapa? karena ada kebanggaan dari diri saya.
    pertama, saya bangga karena ada teman matematika yang bisa Menulis. ya, karena menurut saya, karena otaknya yg begitu eksak, kurang banyak orang matematika yg bisa menulis.
    kedua..
    *continued

  2. Ilonka Said:

    Proficiat! Selamat yach, untuk Khamdan!
    Sukses selalu untuk apapun yang kamu lakukan dan tetap rendah hati. =)

  3. Khamdan Said:

    menulis adalah perjuangan!
    untuk orang melankolis seperti saya menulis lebih menyenangkan dibandingkan berteriak.

    yang kedua apa bang?


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: