WASPADA DEMAM BERDARAH SAAT MUSIM HUJAN

Hujan semakin sering terjadi, karena musim hujan memang segera datang. Cuaca yang tidak menentu bukan berarti perubahan musim tidak terjadi. Musim hujan yang jatuh pada bulan Oktober pasti tetap datang. Penyakit khas pada musim ini adalah demam berdarah (DBD). Penyebabnya sudah jelas yaitu nyamuk aedes aegypti.

 

Kesadaran menjaga kebersihan

Penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk demam berdarah terjadi karena masyarakat kurang memiliki kesadaran pada kebersihan lingkungan. Pada musim hujan seperti ini air hujan dapat tergenang dengan mudah pada benda-benda yang tidak bisa menyerap air, seperti kaleng, ember, dan lainnya.

Bagi masyarakat yang memiliki taman di lingkungan rumahnya harus lebih berwaspada, karena nyamuk biasanya hidup disekitar pohon karena kelembabannya setelah hujan. Hal ini bisa dicegah dengan rutin membersihkan daun-daun yang berguguran di sekitar pohon, agar tanam tidak terlalu lembab dan nyamuk tidak suka tinggal di sana. Selain itu, memotong dahan-dahan yang tidak perlu juga bisa dilakukan, ini agar sinar matahari bisa masuk sampai ke dalam.

Di dalam rumah, barang-barang yang tidak digunakan jangan ditumpuk menjadi tumpukan yang bisa dijadikan sarang nyamuk. Jika memiliki gudang, lebih baik diletakan digudang dan gudang sering disemprotkan obat nyamuk. Jika terdapat barang-barang yang tidak berguna di rumah, nyamuk akan senang hidup dan berkembang biak di sana. Untuk kamar tidur harus lebih mendapat perhatian yang lebih, karena ruangan ini adalah ruang yang paling sering ditinggali. Gunakan anti nyamuk elektrik agar setiap waktu nyamuk tidak senang tinggal di sana. Obat nyamuk elektrik lebih efektif karena cukup diganti sekali sehari dan nyamuk tidak dapat hidup di sana selama seharian.

Kamar mandi merupakan tempat yang paling di senangi nyamuk karena kelembabannya. Beberapa kamar mandi justru tidak menjadi tempat yang di senangi nyamuk, karena di kamar mandi ini air selalu digunakan dan tidak ada barang-barang yang tidak pernah digunakan. Lain halnya jika di kamar mandi terdapat benda-benda yang tidak pernah digunakan seperti ember, alat pel, dan lainnya. Nyamuk akan berkembang biak di sana.

 

Menjaga kekuatan fisik

Selain karena kurangnya kesadaran menjaga kebersihan, kurangnya kesadaran menjaga olahraga dan makan makanan yang sehat juga menjadi sebab masyarakat dapat terjangkit penyakit demam berdarah.

Selalu sarapan pada pagi hari dapat membuat energy untuk melukukan aktivitas sampai siang hari. Dengan melakukan aktivitas, nyamuk akan lebih sulit mengigit manusia. Sedangkan jika aktivitas yang dilakukan hanya sedikit, maka nyamuk akan dengan mudah mengigit manusia.

Tidak tidur pada pagi dan sore hari dapat mencegah terjangit penyakit demam berdarah. Jika kita tidur di pagi hari maka nyamuk akan dengan mudah mengigit kita. Apalagi jendela yang biasanya belum dibuka semakin membuat ruangan menjadi tetap lembab saat pagi hari.

Terlalu banyak pikiran dapat membuat kita sering melamun dan terdiam. Adalah menjadi peluang bagi nyamuk untuk mengigit kita. Ternyata tidak hanya kebersihan dan kesehatan yang harus dijaga untuk terhindar dari penyakit demam berdarah, namun menjaga pikiran juga bisa mencegah terjangkit penyakit ini. Sebagian masyarakat menghilangkan permasalahan dengan tidur atau berdiam di rumah seharian tanpa banyak bergerak.

Penyakit demam berdarah tidak bisa dengan mudah menyebar di dalam tubuh manusia jika manusia tersebut memiliki kekuatan fisik yang baik. Kekuatan fisik ini diperoleh dari konsumsi makanan yang bergizi dan mengurangi permasalahan yang ada pada pikiran. Walaupun nyamuk sudah mengigit manusia, penyakit demam berdarah dapat dicegah dengan fisik yang kuat.

 

Mahasiswa mudah terjangkit demam berdarah

Kebersihan kamar mahasiswa, khusunya mahasiswa laki-laki sudah dapat dipastikan tidak terjaga. Hanya dibeberapa kamar saja kebersihannya terjaga. Hal ini membuat kamar yang biasa ditinggali juga menjadi tempat tinggal nyamuk. Jika nyamuk membutuhkan makanan akan dengan mudah mengigit penghuni kamar karena sering berada di kamar.

 

Mengobati demam berdarah

Jika sudah terjangkit menyesal tidak menjaga kebersihan, menjaga kekuatan fisik dan lainnya sudah menjadi hal yang percuma. Yang harus dilakukan adalah mengobatinya.

Mendeteksi penyakit demam berdarah dengan melakukan pemeriksaan darah ke rumah sakit jika telah mengalami sakit yang berkepanjangan. Anak-anak hingga mahasiswa sering kali membiarkan sakit yang dialami padahal jika sakit ini terus dibiarkan akan menjadi lebih parah. Jika mengalami penyakit yang sudah berhari-hari maka lakukanlah periksa darah di rumah sakit. Hal ini untuk mengetahui kandungan yang terkandung pada darah termasuk kandungan trombosit yang menjadi menyebab penyakit demam berdarah jika kandungannya kurang dari cukup.

Jika dokter meminta untuk dilakukan rawat inap, maka lakukanlah. Tidak dilakukan rawat inap saat dokter meminta dapat membuat penyakit semakin parah. Saat perawatan akan terjadi perkembangan menjadi lebih baik jika selama perawatan kita mematuhi apa yang diperintahkan oleh dokter.

 

“Menjegah lebih baik dari pada mengobati, jika sudah di rawat karena demam berdarah barulah sadar, namun sadar sebelum merasakan dirawat karena demam berdarah lebih baik.”

 

 

 

 

 

Khamdan Nuryanto

Mahasiswa Matematika Undip

Jl. Banjarsari Gg.Maerasari No.8 Tembalang, Semarang

08568246838

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: