PRESS RELEASE

Pada dasarnya demonstrasi adalah cara terakhir yang ditempuh dalam menyampaikan aspirasi. Saat permohonan audiensi untuk menyampaikan aspirasi tidak kunjung mendapatkan balasan, saat surat pemebritahuan telah disampaikan kepada pihak keamanan setempat.

 

Demonstrasi tidak perlu ricuh, demonstrasi dilakukan untuk menyampaikan aspirasi. Jika demonstrasi berjalan ricuh, sudah tentu aspirasi yang ingin disampaikan tidak sampai pada yang dituju. Agar demonstrasi tidak berakhir ricuk press release harus dibuat dan disebarkan ke berbagai pihak agar semua pihak mengetahui apa yang diinginkan dari aksi yang dilakukan. Dengan press release juga tujuan aksi bisa tercapai walaupun akan lebih baik jika bisa langsung bertemu dengan pihak yang diinginkan, namun minimal dengan adanya press release demonstrasi tidak berjalan ricuh dan semua pihak mengetahui apa yang diinginkan.

 

Ada beberapa hal yang menyebabkan demonstrasi berjalan ricuh. Pertama memang karena peserta aksi merasa aspirasinya tidak sampai kepada yang dituju atau orang yang dituju tidak ingin bertemu dengan perwakilan peserta aksi sehingga peserta aksi emosi dan mulai bersikap ricuh. Hal lain yang menyebabkan demonstrasi ricuh adalah pihak keamanan yang terlalu bersikap keras kepada demonstran sehingga demonstran membalas untuk bersikap keras dan demonstrasi menjadi ricuh.

 

Demonstrasi identik dengan orasi, namun dibalik itu demonsrasi juga identik dengan press release. Press release merupakan printout tuntutan yang diinginkan dari aksi atau demonstari yang dilakukan. Bagi wartawan press release tentu sudah tidak asing lagi, karena setiap aksi berlangsung benda inilah yang dicari oleh wartawan untuk bahan berita. Namun disisi lain ada juga wartawan yang berharap terjadi hal-hal yang menarik saat aksi seperti tetrikal, pembakaran ban, sampai aksi anarkis untuk bahan berita.

 

Demontrasi atau yang lebih akrab disebut aksi oleh para pelakunya selalu diawali dengan konsolidasi atau persiapan aksi, hal ini dilakukan untuk menentukan koordinator aksi, dan lainnya. Press release juga menjadi bahasan penting saat konsolidasi dilakukan. Namun benda ini biasanya tidak diketahui oleh seluruh peserta aksi, hanya koordinator aksi dan beberapa orang yang tahu dan membagikannya kepada wartawan.

 

 

 

Khamdan Nuryanto

Mahasiswa Matematika Undip

Jl. Banjarsari Gg.Maerasari No.8 Tembalang, Semarang

08568246838

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: