LAGI-LAGI KECELAKAAN KERETA

Kereta api Harina dari Semarang tujuan Bandung keluar rel setelah menabrak tanah longsor, Kamis, 21 Oktober 2010 sekitar pukul 04.43. Kecelakaan ini terjadi ketika ingatan masyarakat masih sangat kuat tentang kecelakaan besar di Petarukan. Penumpang mungkin masih setia menggunakan kereta api sebagai alat transportasi yang cepat. Namun hal ini bukan berarti membuat pihak PT. KAI bersantai-santai tidak melakukan evaluasi terhadap kecelakaan-kecelakaan yang terjadi.

 

Jika dipemerintahan sedang digembor-gemborkan revormasi birokrasi, maka kalimat yang tepat untuk perkeretaapian Indonesia adalah revormasi infra struktur. Mulai dari lokomotif yang sudah lanjut usia, double track lintas utara yang tidak kunjung selesai, dan kapasitas stasiun yang tidak sesuai dengan jumlah penumpang.

 

Berusaha untuk berfikir positif, PT. KAI pastinya sudah memiliki rencana yang matang tentang perkeretaapian di Indonesia. Namun, masyarakat membutuhkan bukti nyata walaupun kecil yang penting adalah adanya perbaikan nyata secara infra struktur. Kecelakaan yang terjadi baik yang disebabkan oleh kesalahan manusia, kesalahan sistem adalah bukti bahwa masih banyak yang perlu diperbaiki oleh PT. KAI.

 

Indonesia baru bisa mengimpor kereta dari negara lain, kereta yang di impor pun adalah kereta yang sudah berusia tua di negara asalanya. Apakah tidak ada dana untuk memproduksi kereta sendiri yang usianya bisa jauh lebih muda dan layak pakai? Apakah perkeretaapian Indonesia akan terus tertinggal dari negara-negara lain? Adalah tugas PT. KAI untuk memperbaiki ini semua. Semoga dengan perbaikan yang nyata, kecelakaan kereta api di Indonesia bisa berkurang atau bahkan tidak sama sekali.

 

Khamdan Nuryanto

Tembalang Undip Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: