KEMANA KABAR BAIKNYA?

Media massa sebagai pusat informasi bagi masyarakat menjadi sangat penting untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Mulai dari Koran, radio, televisi, sampai internet senantiasa memberikan kabar-kabar terkini yang terjadi mulai kabar daerah samapi kabar internasional. Mulai kabar buruk sampai kabar yang sangat buruk. Kemana kabar baiknya?

Televisi yang paling berpengarus karena memberikan informasi melalui audio dan visual. Mulai berita di pagi hari, menuju gosip selebritis, berita siang, sinema siang, berita sore, sampai lawak malam semua ada di televisi. Sayangnya, kabar yang disampaikan lebih banyak merupakan kabar buruk seperti korupsi, pencurian, tawuran, sampai pemerkosaan. Lantas apakah tidak ada kabar baik yang bisa diberitakan? Berita tentang penemuan-penuman baru hasil karya anak bangsa, berita tentang tentang prestasi-prestasi yang diraih oleh anak bangsa. Bukan berita anak sekolah wuran atau berita para anggota dewan yang kerjanya jalan-jalan.

Jika dibuat perbandingan, kabar baik yang ada di media tidak mencapai 10%, hal ini bisa terjadi karena kabar baik yang ada dengan cepatnya hilang dari ingatan masyarakat, tertutup oleh kabar-kabar buruk yang lebih banyak. Padahal sudah sangat jelas bahwa kabar gembira itu harus disampaikan.

Internet juga memberikan informasi yang beraneka ragam. Siapa yang berani bayar tinggi dia yang pantas memasang iklan di halamannya, walaupun iklannya tidak sesuai dengan berita yang diberikan. Dengan kecepatan tinggi, kabar-kabar baru sudah dapat diketahui lewat internet. Sayangnya tidak setiap waktu masyarakat dapat mengakses internet, sehingga kabar-kabar baik yang tidak sempat terlihat terkubur begitu saja tertutup oleh kabar-kabar baru yang rata-rata adalah kabar buruk.

Melihat acara-acara di televisi luar negeri yang memberikan informasi khusus sesuai kesukaan masyarakat sudah sangat tepat. Terdapat chanel khusus anak-anak yang memberikan tayangan kartun dan belajar sambil bermain, chanel olahraga lengkap dengan pertandingan-pertandingan mulai dari yang besar sampai yang biasa, chanel kompetisi yang memberikan motivasi kepada masyarakan untuk senantiasa menggali kemampuan yang dimiliki. Semoga saja media bisa lebih mengedepankan kabar-kabar baik dibandingan dengan kabar buruk.

 

 

Khamdan Nuryanto

Tembalang-Semarang

08568246838

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: