ISL Vs LPI

Indonesia Super League (ISL) dan Liga Primer Indonesia (LPI) sedang bersaing sangat ketat. Seperti diketahui bersama, LPI akan mulai digelar pada tanggal 8 Januari 2011 mendatang. Sementara perseteruan yang terjadi antara PSSI dengan LPI belum juga menemui titik tengah.

PSSI masih saja ngotot menganggap LPI adalah turnamen illegal, namun apa yang dilakukan oleh PSSI tidak memiliki dasar yang kuat untuk membatalkan penyelenggaraan LPI.

Persepakbolaan di Indonesia sedang menjadi sorotan setelah ajang AFF baru-baru ini. Dapat dilihat bahwa peningkatan yang terjadi cukup luar biasa. Peningkatan ini seharusnya akan terus meningkat denga terselenggaranya LPI, karena LPI diikuti oelh 19 tim yang professional, tidak mengandalkan keuangannya dari APBD.

Perbedaan mendasar yang membuat LPI tetap akan berjalan adalah kedewasaan anggaran keuangan yang digunakan oleh tim. Dalam ISL, tim mendapatkan dana dari APBD masing-masing daerah dan tentunya jumlah tidak sedikit karena memang kebutuhan tim tidak sedikit. Sedangkan dalam LPI keuangan tidak mengandalkan dari APBD, melainkan pemilik tim dan sponsor yang tentunya akan menambah investasi di Indonesia.

Dari segi pertandingan LPI akan mendatangkan wasit dari luar negeri, bukan pemain atau pelatih yang berasal dari luar negeri. Hal ini tentu menunjukan bahwa LPI peduli pada nasib masa depan sepak bola di Indonesia. Karena pemain-pemainnya akan lebih mengutamakan pemain local.

Jika memang PSSI tidak menginginkan LPI dijalankan, seharusnya PSSI bisa, namun sampai saat ini terbukti PSSI tidak mampu membatalkan LPI. Kedepannya lebih baik persaingan antara LPI Vs ISL berjalan dengan sehat, biarkan masyarakat yang menilai. Karena demi kebaikan sepak bola Indonesia.

 

 

Khamdan Nuryanto

Jl. Banjarsari Gg. Maerasari No.8 Tembalang

Semarang

1 Komentar »

  1. Dian Said:

    yah klo diliat dari benefit yang bisa dirasakan oleh klub, ya mendingan pilih LPI-lah, keuntungan dari hasil pertandingan nantinya juga akan dirasakan oleh klub, bukan cuma dikangkangi sama penyelenggara ajah… mungkin gara2 itukah makanya PSSI marah n gak mo terima ada liga tandingan di luar kekuasaannya dia??? dasar serakah!!! alasan karena UU mah cuma kamuflase! kapan aja itu UU bisa direvisi sama DPR n kemenpora..
    — visit http://m.rujakasik.com


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: