MENANG KALAH ITU BIASA

Lagi-lagi kalah. Setelah kalah dari Malaysia di pertemuan kedua Piala AFF beberapa waktu lalu, Kali ini giliran Timnas Indonesia U-23 yang menelan kekalahan atas Timnas Turkmenistan U-23 pada Rabu (23/2) di Stadion Gelora Jakabaring. Bermain di kandang sendiri Timnas Indonesia sempat unggul terlebih dahulu, namun hasil akhir mengatakan lain, tuan rumah harus mengakui kekalahan cukup telak 1-3.

Menang atau kalah itulah Timnas Indonesia. Dan sudah sangat jelas bahwa dalam sebuah permainan ada yang menang dan ada yang kalah. Walaupun kalah Timnas Indonesia tetaplah Timnas Indonesia, masyarakat Indonesia akan terus mendukung dengan setiap Timnas Indonesia.

Kemelut ditubuh PSSI yang masih menjadi perbincangan banyak pihak sangat berpengaruh bagi penampilan Timnas Indonesia. Permasalahan yang membawa nama Ketua Umum PSSI mengkin tidak begitu berpengaruh pada Timnas, namun perselisihan mengenai legalitas LPI dimata PSSI dan FIFA berbuntut panjang. Irfan Bachdim dan beberapa nama lain yang bermain di LPI tidak bisa ikut memperkuat Timnas, dan tentunya penampilan Timnas menjadi tidak sebaik jika Irfan Bahcdim dan lainnya masuk dalam Timnas.

Politik masuk ke dalam PSSI memang tidak seharusnya. Walaupun politik sebenarnya ada dimana-man baik disadari ataupun tidak, namun tidak seharusnya politik yang mementingkan kepentingan pribadi atau kelompok ada di dalam PSSI. PSSI milik masyarakat Indonesia, bukan milik pribadi, perusahaan, atau partai politik. Timnas menang dan menjadi juara tentunya masyarakat Indonesia akan senang, Timnas kalah masyarakat akan bisa terima. Tentunya jika kekalahan tersebut tidak ada unsur “kesengajaan”.

Hilangkan politik yang mementingkan diri sendiri, kelompok, atau partai politik di dalam PSSI. Menang atau kalah itu sudah biasa dalam sebuah pertandingan. Menang atau kalah Timnas Indonesia tetaplah milik masyarakat Indonesia.

Terus berjuang Timnas Indonesia, kepakkan sayap gadura sampai piala dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: