Roemah Catering “Solusi Mudah Konsumsi Kegiatan Anda”

Manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Jumlah manusia yang terus bertambah membuat kebutuhan terhadap makanan juga bertambah. Beraneka ragam makanan yang dibutuhkan oleh manusia, yang semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan. Oleh karena itu, usaha makanan merupakan usaha yang akan terus dibutuhkan seiring dengan jumlah manusia yang semakin bertambah.
Mahasiswa membutuhkan makanan untuk aktivitas pribadi. Namun, ada kebutuhan lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa, yaitu kebutuhan akan makanan sebagai unsur wajib dalam melaksanakan kegiatan bersama seperti rapat, sidang skripsi, seminar, atau mungkin perayaan hari ulang tahun. Kebutuhan inilah yang masih sulit dipenuhi oleh mahasiswa. Sulitnya mencari tempat untuk memesan makanan untuk kegiatan. Karena itulah, Roemah Catering hadir untuk menyelesaikan masalah kesulitan memesan makanan untuk kegiatan mahasiswa.
Pelatihan kepemipinan dan Roemah Catering
Organisasi mahasiswa intra kampus sangat banyak jumlahnya. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas dan Universitas, Senat Mahasiswa Fakultas dan Universitas, dan Unit Pelaksana Kegiatan (UPK). Jika seluruhnya dihitung, maka jumlahnya akan lebihdari 30 organisasi. Rata-rata masing-masing organisasi dalam satu periode (1 tahun) memiliki minimal 5 kegiatan besar yang membutuhkan konsumsi dalam jumlah besar. Dapat disimpulkan bahwa peluang untuk membuat Roemah Catering sebagai tempat pemesanan makanan untuk kegiatan mahasiswa sangat besar.
Organisasi mahasiswa yang mendidik mahasiswa salah satunya dalam hal keterampilan kepemimpinan menjadi rekan kerja yang sangat baik bagi usaha Roemah Catering yang juga memperhatikan kemampuan kepemimpinan mahasiswa. Dua tujuan utama Roemah Catering adalah memberikan kemudahaan kepada mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan konsumsi pada kegiatannya dan memberikan dukungan berupa potongan harga untuk pemesanan kegiatan yang bertemakan pelatihan kepemimpinan seperti Latihan Ketrampilan Kepemimpinan Mahasiswa (LKMM). Mahasiswa dan kepemimpinan tidak bisa dipisahkan oleh karena itu pula Roemah Catering hadir untuk menyatukan kedua hal tersebut.

Kerja bersama
Roemah Catering dibuat dengan bekerja bersama warung-warung makan yang berada di lingkungan kampus. Tidak memproduksi produk sendiri, namun mengumpulkan produk-produk yang sudah ada dan menjalin kerjasama dalam hal promosi. Hal ini sangat baik karena saling menguntungkan, warung makan tidak perlu melakukan promosi untuk mendapat pesanan, sedangkan Roemah Catering tidak perlu memproduksi produk untuk mendapat produk. Banyaknya rumah makan yang ada di lingkungan kampus membuat pilihan yang ada di Roemah Catering menjadi bervariasi.
Dalam hal pengemasan, Roemah Catering memiliki pengemas sendiri yaitu dengan membuat desain kardus dan plastik lalu melakukan pemesanan di percetakan.
Dalam menjalankan usaha ini tetap melibatkan tenaga kerja, namun dalam jumlah kecil karena dalam pelaksanaan hanya dibutuhkan tenaga untuk menjaga kantor tempat pemesanan dilakukan. Segala kegiatan tentang produksi makanan dilakukan oleh rekan kerja yang telah bekerja sama dengan Roemah Catering. Untuk pelayanan anar pesanan akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan jumlah pesanan dan biaya ini akan diberikan langsung kepada tenaga bantu yang telah mengantar pesanan.

Peluang emas
Seperti sudah disinggung di atas, jumlah organisasi mahasiswa yang banyak dan juga jumlah kegiatan yang sangat banyak membuat usaha Roemah Catering menjadi usaha yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Dengan promosi langsung ke ruang sekretariatan di masing-masing kampus Roemah Catering akan lebih mudah dikenal dan akan menjadi andalan karena kemudahaan yang diberikan dan variasi makanan yang menarik. Promosi dengan ikut serta menjadi sponsor dalam kegiatan menjadi bagian untuk memperkenalkan Roemah Catering kepada mahasiswa.
Dosen dan birokrasi kampus juga bisa dijadikan konsumen bagi Roemah Catering, walaupun tetap sasaran utamanya adalah mahasiswa. Kegiatan rapat yang rutin dilakukan, satu bulan sekali menjadi sasaran yang sangat jelas. Dengan bervariasinya sasaran konsumen, maka Roemah Catering memberikan beberapa pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Paket Hebat untuk kegiatan dosen, Paket Hemat untuk kegiatan mahasiswa dengan skala besar atau kegiatan eksternal, dan Paket Super Hemat untuk kegiatan mahasiswa dengan skala kecil atau kegiatan internal.
Roemah Catering mengusung asas kebersamaan dalam bekerja. Kebersamaan dalam menajemen, kebersamaan dengan rekan kerja dan kebersamaan dengan konsumen.
Kebersaman dengan konsumen yaitu dengan membantu konsumen dalam menentukan makanan yang akan dipesan dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Dengan begitu, konsumen dalam terus memberikan kepercayaan kepada Roemah Catering untuk kembali lagi melakukan pemesanan untuk kegiatan berikutnya.

Harus ekstra promosi
Persaingan dengan usaha lain yang sesuai sudah menanti di depan. Dengan usia yang masih sangat muda Roemah Catering harus lebih giat melakukan promosi. Jika tidak hal ini akan menjadi ancama yang sangat serius bagi kemajuan Roemah Catering. Salah satu solusi untuk menangani ancaman ini adalah dengan melakukan hal-hal dapat mengenalkan Roemah Catering lebih luas lagi. Misalnya saja dengan memberikan PIN atau stiker kepada konsumen secara gratis, dengan harapan konsumen menyimpannya di tempat-tempat yang banyak dilihat orang lain.
Pelayanan yang prima menjadi hal yang penting untuk memperoleh kepuasan konsumen. Jika pelayanan yang diberikan mengecewakan maka dapat dipastikan konsumen tidak akan datang kembali lagi untuk melakukan pemesanan konsumsi. Hal ini harus diperhatikan mengingat aktivitas mahasiswa sebagai pemilik usaha yang masih disibukan dengan aktivitas perkuliahan. Salah satu cara untuk tetap mengutamakan pelayanan yang prima adalah dengan menggunakan tenaga kerja yang benar-benar memiliki waktu yang kosong. Sehingga setiap saat bisa dilakukan pemesanan. Hal lain yang juga bisa dijadikan solusi adalah dengan memanfaatkan teknologi mulai dari telpon, email, facebook, twiter, sampai pembuatan website.

Tentang Roemah Catering
Roemah Catering adalah sebuah usaha pelayanan konsumsi kegiatan mahasiswa pada khususnya dan kampus pada umumnya. Dengan sebuah kantor usaha yang digunakan untuk memamerkan jenis-jenis konsumsi yang disediakan seperti makanan berat dan makanan ringan. Selain itu, kantor juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan transaksi pemesanan. Pemesanan dapat pula dilakukan melalui telpon atau sms, namun tetap diakhiri dengan pembuatan tanda pemesanan hitam di atas putih. Setelah konsumen menentukan makanan yang dipesan, maka konsumen berkewajiban untuk membawan uang muka sebesar 50% sebagai tanda jadi dan biaya awal produksi pesanan. Setelah makanan jadi dan akan diambil, maka konsumen harus menyelesaikan sisa kekurangan pembayaran.
Aneka makanan yang akan disediakan di Roemah Catering. Untuk makanan berat, menu yang sediakan menyesuaikan dengan warung makan sebagai rekan kerja yang sudah bersedia bekerja sama. Untuk pengemasan sendiri menggunakan dus atau plastik dengan logo Roemah Catering. Begitu pula dengan makanan ringan. Roemah Catering akan bekerja sama dengan warung makan di pasar yang biasa menjajahkan makanan ringan di pagi hari. Dengan prinsip utama adalah membantu warung-warung kecil dalam meperoleh pesanan dalam jumlah besar, Roemah Catering akan mencari rekan kerja yang sesuai dengan prinsip tersebut. Bersama dengan pemilik warung-warung belajar untuk mengembangkan usaha bersama-sama.
Roemah Catering sebagai sebuah usaha yang pada dasarnya untuk mencari keuntungan bagi keberlangsungan usahanya, tetap memperhatikan target-target yang ingin dicapai setiap minggu, bulan, dan tahun. Dengan rata-rata keuntungan bersih yang diperoleh dari satu dus makanan adalah sekitar Rp.2000,- dan dengan target dalam seminggu memperoleh 5 pesanan dengan masing-masing pesanan minimal 100 dus, maka dapat disimpulkan diperkirakan keuntungan Roemah Catering dalam 1 minggu adalah Rp.1.000.000,- dan itu sama dengan Rp.4.000.000,-/bulan. Sebuah perhitungan yang dapat dicapai mengingat banyaknya kegiatan mahasiswa dalam satu minggu, khususnya hari sabtu dan minggu.
Untuk modal awal yang dibutuhkan untuk menyewa sebuah kios sebagai kantor dan perlengkapan penunjang kantor lainnya dibutuhkan kurang lebih Rp.24.000.000,-. Dengan target pencapaian keuntungan dalam 1 bulan Rp. 4.000.000,- maka itu berarti dalam waktu 6 bulan Roemah Catering sudah bisa mengembalikan modal awal atau dapat membuat cabang baru di daerah lain.

Target jangka panjang
Mahasiswa dan kampus sebagai sasaran utama tidak hanya berada pada satu daerah saja. Disetiap kota besar terdapat kampus-kampus besar yang memiliki masalah yang sama, yaitu kesulitan dalam mencari tempat untuk memesan konsumsi untuk kegiatannya. Setelah di Semarang (Universitas Diponegoro), Roemah Catering akan membuka cabang di daerah kampus lainnya di seluruh Indonesia. Dengan bekerja sama dengan mahasiswa dari masing-masing daerah yang memiliki visi usaha yang sama dengan Roemah Catering, maka Roemah Catering akan dikelola oleh mahasiswa dari daerahnya sendiri.

Manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Jumlah manusia yang terus bertambah membuat kebutuhan terhadap makanan juga bertambah. Beraneka ragam makanan yang dibutuhkan oleh manusia, yang semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan. Oleh karena itu, usaha makanan merupakan usaha yang akan terus dibutuhkan seiring dengan jumlah manusia yang semakin bertambah.
Mahasiswa membutuhkan makanan untuk aktivitas pribadi. Namun, ada kebutuhan lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa, yaitu kebutuhan akan makanan sebagai unsur wajib dalam melaksanakan kegiatan bersama seperti rapat, sidang skripsi, seminar, atau mungkin perayaan hari ulang tahun. Kebutuhan inilah yang masih sulit dipenuhi oleh mahasiswa. Sulitnya mencari tempat untuk memesan makanan untuk kegiatan. Karena itulah, Roemah Catering hadir untuk menyelesaikan masalah kesulitan memesan makanan untuk kegiatan mahasiswa.
Pelatihan kepemipinan dan Roemah Catering
Organisasi mahasiswa intra kampus sangat banyak jumlahnya. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas dan Universitas, Senat Mahasiswa Fakultas dan Universitas, dan Unit Pelaksana Kegiatan (UPK). Jika seluruhnya dihitung, maka jumlahnya akan lebihdari 30 organisasi. Rata-rata masing-masing organisasi dalam satu periode (1 tahun) memiliki minimal 5 kegiatan besar yang membutuhkan konsumsi dalam jumlah besar. Dapat disimpulkan bahwa peluang untuk membuat Roemah Catering sebagai tempat pemesanan makanan untuk kegiatan mahasiswa sangat besar.
Organisasi mahasiswa yang mendidik mahasiswa salah satunya dalam hal keterampilan kepemimpinan menjadi rekan kerja yang sangat baik bagi usaha Roemah Catering yang juga memperhatikan kemampuan kepemimpinan mahasiswa. Dua tujuan utama Roemah Catering adalah memberikan kemudahaan kepada mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan konsumsi pada kegiatannya dan memberikan dukungan berupa potongan harga untuk pemesanan kegiatan yang bertemakan pelatihan kepemimpinan seperti Latihan Ketrampilan Kepemimpinan Mahasiswa (LKMM). Mahasiswa dan kepemimpinan tidak bisa dipisahkan oleh karena itu pula Roemah Catering hadir untuk menyatukan kedua hal tersebut.
Kerja bersama
Roemah Catering dibuat dengan bekerja bersama warung-warung makan yang berada di lingkungan kampus. Tidak memproduksi produk sendiri, namun mengumpulkan produk-produk yang sudah ada dan menjalin kerjasama dalam hal promosi. Hal ini sangat baik karena saling menguntungkan, warung makan tidak perlu melakukan promosi untuk mendapat pesanan, sedangkan Roemah Catering tidak perlu memproduksi produk untuk mendapat produk. Banyaknya rumah makan yang ada di lingkungan kampus membuat pilihan yang ada di Roemah Catering menjadi bervariasi.
Dalam hal pengemasan, Roemah Catering memiliki pengemas sendiri yaitu dengan membuat desain kardus dan plastik lalu melakukan pemesanan di percetakan.
Dalam menjalankan usaha ini tetap melibatkan tenaga kerja, namun dalam jumlah kecil karena dalam pelaksanaan hanya dibutuhkan tenaga untuk menjaga kantor tempat pemesanan dilakukan. Segala kegiatan tentang produksi makanan dilakukan oleh rekan kerja yang telah bekerja sama dengan Roemah Catering. Untuk pelayanan anar pesanan akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan jumlah pesanan dan biaya ini akan diberikan langsung kepada tenaga bantu yang telah mengantar pesanan.
Peluang emas
Seperti sudah disinggung di atas, jumlah organisasi mahasiswa yang banyak dan juga jumlah kegiatan yang sangat banyak membuat usaha Roemah Catering menjadi usaha yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Dengan promosi langsung ke ruang sekretariatan di masing-masing kampus Roemah Catering akan lebih mudah dikenal dan akan menjadi andalan karena kemudahaan yang diberikan dan variasi makanan yang menarik. Promosi dengan ikut serta menjadi sponsor dalam kegiatan menjadi bagian untuk memperkenalkan Roemah Catering kepada mahasiswa.
Dosen dan birokrasi kampus juga bisa dijadikan konsumen bagi Roemah Catering, walaupun tetap sasaran utamanya adalah mahasiswa. Kegiatan rapat yang rutin dilakukan, satu bulan sekali menjadi sasaran yang sangat jelas. Dengan bervariasinya sasaran konsumen, maka Roemah Catering memberikan beberapa pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Paket Hebat untuk kegiatan dosen, Paket Hemat untuk kegiatan mahasiswa dengan skala besar atau kegiatan eksternal, dan Paket Super Hemat untuk kegiatan mahasiswa dengan skala kecil atau kegiatan internal.
Roemah Catering mengusung asas kebersamaan dalam bekerja. Kebersamaan dalam menajemen, kebersamaan dengan rekan kerja dan kebersamaan dengan konsumen.
Kebersaman dengan konsumen yaitu dengan membantu konsumen dalam menentukan makanan yang akan dipesan dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Dengan begitu, konsumen dalam terus memberikan kepercayaan kepada Roemah Catering untuk kembali lagi melakukan pemesanan untuk kegiatan berikutnya.
Harus ekstra promosi
Persaingan dengan usaha lain yang sesuai sudah menanti di depan. Dengan usia yang masih sangat muda Roemah Catering harus lebih giat melakukan promosi. Jika tidak hal ini akan menjadi ancama yang sangat serius bagi kemajuan Roemah Catering. Salah satu solusi untuk menangani ancaman ini adalah dengan melakukan hal-hal dapat mengenalkan Roemah Catering lebih luas lagi. Misalnya saja dengan memberikan PIN atau stiker kepada konsumen secara gratis, dengan harapan konsumen menyimpannya di tempat-tempat yang banyak dilihat orang lain.
Pelayanan yang prima menjadi hal yang penting untuk memperoleh kepuasan konsumen. Jika pelayanan yang diberikan mengecewakan maka dapat dipastikan konsumen tidak akan datang kembali lagi untuk melakukan pemesanan konsumsi. Hal ini harus diperhatikan mengingat aktivitas mahasiswa sebagai pemilik usaha yang masih disibukan dengan aktivitas perkuliahan. Salah satu cara untuk tetap mengutamakan pelayanan yang prima adalah dengan menggunakan tenaga kerja yang benar-benar memiliki waktu yang kosong. Sehingga setiap saat bisa dilakukan pemesanan. Hal lain yang juga bisa dijadikan solusi adalah dengan memanfaatkan teknologi mulai dari telpon, email, facebook, twiter, sampai pembuatan website.
Tentang Roemah Catering
Roemah Catering adalah sebuah usaha pelayanan konsumsi kegiatan mahasiswa pada khususnya dan kampus pada umumnya. Dengan sebuah kantor usaha yang digunakan untuk memamerkan jenis-jenis konsumsi yang disediakan seperti makanan berat dan makanan ringan. Selain itu, kantor juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan transaksi pemesanan. Pemesanan dapat pula dilakukan melalui telpon atau sms, namun tetap diakhiri dengan pembuatan tanda pemesanan hitam di atas putih. Setelah konsumen menentukan makanan yang dipesan, maka konsumen berkewajiban untuk membawan uang muka sebesar 50% sebagai tanda jadi dan biaya awal produksi pesanan. Setelah makanan jadi dan akan diambil, maka konsumen harus menyelesaikan sisa kekurangan pembayaran.
Aneka makanan yang akan disediakan di Roemah Catering. Untuk makanan berat, menu yang sediakan menyesuaikan dengan warung makan sebagai rekan kerja yang sudah bersedia bekerja sama. Untuk pengemasan sendiri menggunakan dus atau plastik dengan logo Roemah Catering. Begitu pula dengan makanan ringan. Roemah Catering akan bekerja sama dengan warung makan di pasar yang biasa menjajahkan makanan ringan di pagi hari. Dengan prinsip utama adalah membantu warung-warung kecil dalam meperoleh pesanan dalam jumlah besar, Roemah Catering akan mencari rekan kerja yang sesuai dengan prinsip tersebut. Bersama dengan pemilik warung-warung belajar untuk mengembangkan usaha bersama-sama.
Roemah Catering sebagai sebuah usaha yang pada dasarnya untuk mencari keuntungan bagi keberlangsungan usahanya, tetap memperhatikan target-target yang ingin dicapai setiap minggu, bulan, dan tahun. Dengan rata-rata keuntungan bersih yang diperoleh dari satu dus makanan adalah sekitar Rp.2000,- dan dengan target dalam seminggu memperoleh 5 pesanan dengan masing-masing pesanan minimal 100 dus, maka dapat disimpulkan diperkirakan keuntungan Roemah Catering dalam 1 minggu adalah Rp.1.000.000,- dan itu sama dengan Rp.4.000.000,-/bulan. Sebuah perhitungan yang dapat dicapai mengingat banyaknya kegiatan mahasiswa dalam satu minggu, khususnya hari sabtu dan minggu.
Untuk modal awal yang dibutuhkan untuk menyewa sebuah kios sebagai kantor dan perlengkapan penunjang kantor lainnya dibutuhkan kurang lebih Rp.24.000.000,-. Dengan target pencapaian keuntungan dalam 1 bulan Rp. 4.000.000,- maka itu berarti dalam waktu 6 bulan Roemah Catering sudah bisa mengembalikan modal awal atau dapat membuat cabang baru di daerah lain.
Target jangka panjang
Mahasiswa dan kampus sebagai sasaran utama tidak hanya berada pada satu daerah saja. Disetiap kota besar terdapat kampus-kampus besar yang memiliki masalah yang sama, yaitu kesulitan dalam mencari tempat untuk memesan konsumsi untuk kegiatannya. Setelah di Semarang (Universitas Diponegoro), Roemah Catering akan membuka cabang di daerah kampus lainnya di seluruh Indonesia. Dengan bekerja sama dengan mahasiswa dari masing-masing daerah yang memiliki visi usaha yang sama dengan Roemah Catering, maka Roemah Catering akan dikelola oleh mahasiswa dari daerahnya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: