KOMITE NORMALISASI HARUS BISA !

Sejak 1 April 2011, FIFA sebagai badan sepak bola tertinggi dunia memberikan mandate kepada Komite Normalisasi (KN) untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di PSSI. Mulai dari Kongres yang akan memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Komite Eksekutif hingga menyelesaikan masalah LPI.

Dengan waktu yang hanya 1,5 bulan, KN harus bisa menyelesaikan semua permasalahan yang ada, karena sepertinya KN adalah harapan terakhir penyelesaian masalah persepakbolaan di Indonesia.

Untuk kongres, cukup dibuat minimalis yang terpenting adalah keluaran berupa ketua umum, wakil ketua umum dan komite eksekutif, bukan meriahnya penyelenggaraan kongres. Dengan demikian KN tidak perlu berfikir ekstra pada prosesi penyelenggaraan kongres. Draf peraturan organisasi (PO) yang seharusnya menjadi focus utama pada kongres PSSI. Draf yang sudah benar-benar siap dan dibawa saat kongres akan lebih cepat disepakati oleh semua pihak yang terlibat, dibandingkan jika draf PO tidak disiapkan jauh-jauh hari.

Untuk pengakuan PSSI terhadap LPI rasanya cukup sulit. Dua buah liga yaitu LPI dan ISL sudah berjalan dan berada ditengah-tengah musim. Solusi terbaik yang mungkin dilakukan adalah membiarkan liga tahun ini berjalan hingga selesai dan untuk musim berikutnya akan dilakukan penyelarasan, baik berupa pengakuan PSSI terhadap LPI bahkan hingga peleburan LPI dan ISL.

Peleburan mungkin saja dilakukan, mengingat independesi setiap tim yang berbeda-beda dibebaskan mulai dari sumber dana tim. Yang terpenting adalah pada satu divisi (liga) paling banyak terdapat 20 tim, sisanya berada di divisi (liga) kelas 2. Setiap tim diadu untuk menentukan tim mana yang berhak mengikuti divisi 1.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: