NILAI UN BELUM PANTAS JADI ACUAN MASUK PT

Berbagai pendapat yang ada akhir-akhir ini tentang pantas atau tidaknya hasil nilai ujian nasional menjadi acuan untuk masuk perguruan tinggi menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Mari kita lihat ke strata yang lebih rendah, yaitu nilau UN Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang digunakan sebagai acuan masuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Berapa banyak SMA yang menggunakan nilai UN sebagai acuan pada penerimaan siswa baru?

Kita lihat SMA negeri yang terikat pada peraturan pemerintah. Jika Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang juga bergantung pada peraturan pemerintah diminta untuk mematuhi peraturan pemerintah dalam menetapkan calon mahasiswa baru melalui nilai UN, kenapa justru masih ada saja SMA Negeri yang tidak menggunakan nilai UN sebagai acuan penerimaan siswa baru?

Pemerintah boleh punya aturan, tapi kemajuan PT ditentukan oleh system yang digunakan oleh PT itu sendiri. Jika PT menggunakan nilai UN sebagai acuan penerimaan mahasiswa baru, seharusnya PT sudah menganalisa baik dan buruknya penggunaan cara tersebut. Namun jika PT tidak menggunakan nilai UN, atau dengan menambahkan kriteria-kriteria tertentu dalam penerimaan mahasiswa baru maka itu adalah hak PT. Tentunya demi kemajuan PT itu sendiri.

Sekarang siapa yang tidak meragukan hasil UN? Banyak orang tahu bahwa siste UN sampai saat ini masih penuh dengan peluang terjadinya kecurangan. Dengan kata lain nilai yang dihasilkan dari UN belum bisa dijadikan parameter keberhasilan siswa, karena cara memperolehnya yang tidak benar. Bagaimana seharusnya system UN, tentunya orang-orang yang sekarang ada di Pemerintahan Pusat khususnya yang mengurusi Pendidikan Nasional yang memiliki kewajiban lebih dibanding masyarakat umum. Kenapa anggota DPR saja bisa melakukan studi banding untuk hal-hal yang kurang penting, tapi untuk masalah UN seperti ini belum juga terselesaikan. Lakukanlah studi banding ke Negara lain yang sudah memiliki system UN yang matang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: