Ayo Naik Sepeda !

Ayo kita naik sepeda… Ke sekolah, ke kampus, ke kantor, atau kemanapun ayo kita gunakan sepeda. Siapa yang di rumahnya tidak punya sepada? Pasti ada saja yang menjawab saya. Tapi jika pertanyaannya diganti, siapa yang tidak punya sepeda motor? Pasti sebagian besar tidak menjawab, karena lebih banyak yang punya sepeda dibandingkan dengan yang punya sepeda motor. Sebuah kenyataan yang mengelitik, sebenarnya bangsa ini bangsa yang kaya atau miskin?

Kembali kepada tema kita, memperingati hari lingkungan hidup. Tidak banyak yang bisa kita sumbangkan kepada bumi ini, karena bumi ini diciptakan dengan sangat sempurna oleh Sang Maha Pencipta. Tugas kita hanyalah menjaga dan menikmati hasilnya dengan seimbang. Perkembangan teknologi yang sangat pesat tentu sangat baik, namun hal tersebut harus diimbangin dengan kondisi lingkungan sekitar. Teknologi yang ramah lingkungan, demikianlah akhir-akhir ini banyak perusahaan mengusung produk mereka. Apakah kendaraan yang paling ramah lingkungan menurut anda? Jawabannya sudah pasti SEPEDA, atau mungkin anda sambil tersenyum menjawab bahwa jawabannya adalah jalan kaki. Hmm.. sayangnya jalan kaki bukanlah sebuah kendaraan.

Dukungan untuk bersepeda

Perusahaan yang memproduksi sepeda menawarkan kepada siswa atau mahasiswa sebuah beasiswa yang luar biasa. Syarat yang diajukan cukup mudah, dengan perstasi yang baik tentunya dan yang unik adalah dalam menjalankan aktivitasnya, calon penerima beasiswa harus menggunakan sepeda.

Berapa banyak kampus yang sampai saat ini sudah menyediakan sepeda untuk civitas akademiknya? Sudah banyak tentunya. Inilah bentuk dukungan yang luar biasa kepada lingkungan. Yang jadi pertanyaan berikutnya apakah sepeda yang ada cukup atau kurang? Jika kurang berarti program pengadaad sepeda ini berjalan dengan sukses, karena dengan kata lain sepeda yang ada dimanfaatkan secara maksimal. Jika lebih, kenapa bisa lebih? Terlalu banyak sepeda yang dibeli atau minim peminat untuk menggunakannya? Tentunya jika hal itu terjadi sistemnya harus diperbaiki.

Anda malu naik sepeda ke sekolah atau ke kampus? Iya? Tidak perlu malu menjawab pertanyaan ini, banyak orang ‘gengsi’ menggunakan sepeda. Yang perlu diingat adalah ‘gengsi’ itu tidak ada habisnya, jadi tidak perlu diikuti. Pernah lihat seorang bos berangkat ke kantornya dengan menggunakan sepeda? Itu ada dan nyata. Masih malu juga naik sepeda?

Sepeda atau Sepeda Motor?

Sebuah pertanyaan yang sebenarnya bukan merupakan pilihan. Bisa saja kita menjawab keduanya. Kenapa demikian? Karena keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa saling memenuhi. Saat kondisi darurat, saat kita membutuhkan waktu yang cepat untuk sampai ke suatu tempat tentu yang kita butuhkan adalah sepeda motor. Saat rutinitas sehari-hari, ke sekolah, ke kampus, ke warung mungkin sepeda sudah lebih dari cukup untuk kita beraktivitas.

Sepeda atau sepeda motor, keduanya tentu membutuhkan perawatan rutin. Namun perawatan yang dibutuhkan sepeda motor tentu lebih berat dan lebih mahal.

Sekarang masih ragu naik sepeda?

Khamdan Nuryanto

Mahasiswa Matematika

FMIPA Universitas Diponegoro Semarang

1 Komentar »

  1. Ayo!


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: