Dicari PTN Tanpa Biaya Sumbangan !

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan perguruan yang berada dibawah Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) khususnya Direktorat Perguruan Tinggi (Dirjen Dikti). Siswa-siswi kelas XII SMA/sederajat yang telah dinyatakan lulus UN saat ini sedang sibuk-sibuknya mecari perguruan tinggi yang akan mereka jadikan tempat untuk melanjutkan pendidikan formalnya.

Sungguh mengagetkan ketika salah satu jalur masuk PTN yaitu SNMPTN Udangan yang telah mengumumkan calon mahasiswa yang dinyatakan diterima ternyata calon mahasiswa tersebut dikenakan biaya sumbangan sesuai dengan kebijakan perguruan tinggi masing-masing. Padahal seharusnya SNMPTN Undangan adalah jalur penerimaan mahasiwa baru seperti menyaring siswa-siswi berprestasi. Namun, prestasi yang mereka miliki tidak dihargai karena mereka tetap dimintai sumbangan sebagai biaya awal masuk menjadi mahasiswa.

Lalu pertanyaannya, adakah PTN yang memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru, khususnya yang memiliki prestasi lebih yang tidak meminta sumbangan yang nilai terendahnya adalah Rp.5juta ?

Jika hal ini terus terjadi maka pembangunan perguruan tinggi akan terus berjalan dan pelayanan yang diberikan oleh perguruan tinggi akan lebih baik kepada mahasiswanya, mungkin hal itu yang diinginkan oleh pengelola kampus. Pernahkan dipikirkan nasib siswa-siswi yang kurang mampu yang merupakan kaum mayoritas? Dimana mereka akan berkuliah jika biaya kuliah sangatlah mahal?

Efek besar yang akan ditimbulkan dari mahalnya biaya perkuliahan adalah perkuliahan hanya untuk kalangan atas. Tidak adanya keadilan bagi kalangan menengah ke bawah. Calon mahasiswa baru lebih mencari kampus yang biayanya mampu mereka bayar dibanding mencari kampus yang sesuai dengan keinginan mereka.

Khamdan Nuryanto

Jl.Banjarsari  Gg.Maerasari No.8

Tembalang-Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: