Membuka Lapangan Pekerjaan

Demikianlah saya menilai sebuah studi dapat dikatakan sukses. Sampai dengan saat ini pola pikir mahasiswa adalah kuliah (studi) dengan baik, lulus tepat waktu dengan IPK ≥ 3,00, dan mendapatkan pekerjaan. Tentunya bukan sebuah pola pikir yang salah. Hanya saja jumlah lulusan yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan membuat mahasiswa seharusnya merubah pola pikirnya.

Sukses itu relative, setiap orang memiliki pendapat masing-masing tentang arti sebuah kesuksesan. Sekarang mari kita tinjau program studi yang ada diperguruan tinggi di Indonesia. Sangat sedikit program studi yang fokus untuk menghasilkan lulusannya menjadi wirausahawan, atau minimal menghasilkan lulusan yang bisa membuka lapangan kerja untuk sendiri.

Pendidikan wirausaha memang tidak didapatkan diperkuliahan. Namun, hal ini bisa dilatih dengan mengikuti kegiatan-kegiatan non akademik yang bergerak di bidang wirausaha. Dengan demikian pola pikir menjadi wirausahawan bisa ditumbuhkan dan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh diperkuliahan, kedua hal tersebut bisa disatukan. Jadilah, lulusan yang bisa bekerja sendiri atau bahkan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Masa studi dan IPK tetap menjadi tolak ukur penentu kesuksesan studi seorang mahasiswa. Mahasiswa dengan masa studi 4 tahun atau bahkan kurang dari 4 tahun dan dengan IPK ≥ 3,00 adalah mahasiswa yang sukses dalam hal akademik. Dalam hal non akademik ia akan dinilai dengan cara lain lagi. Contohnya dalam hal komunikasi, tidak menjamin mahasiswa yang  lulus tepat waktu dan dengan IPK tinggi memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Oleh karena itu saat seleksi melamar pekerjaan diadakan tahap wawancara. Dengan kemampuan komunikasi yang baik ini adalah mahasiswa yang lebih sukses.

Lulus tepat waktu, IPK tinggi, komunikasi baik, dan tentunya harus dapat dipercaya. Dengan semua itu ditambah dengan kemampuan berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan. Inilah menurut saya studi seorang mahasiswa dapat dikatakan sukses.

Khamdan Nuryanto

Mahasiswa Matematika

FMIPA Undip Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: