Sukses Studi = Sukses Organisasi

Sukses itu tidak mudah. Semua orang pasti setuju dengan kalimat tersebut. Untuk sukses, seseorang harus berkali-kali mengalami kegagalan. Harus mengatur waktu agar setiap pekerjaan yang dilakukan bisa selesai tepat waktu dan denga hasil yang baik.

Mahasiswa hidup di kampus tidak hanya untuk belajar di ruang kelas melalui kuliah, namun juga belajar untuk berinteraksi dengan orang lain melalui oraganisasi. Sebagian besar mahasiswa pasti menganggap mahasiswa yang sukses studinya adalah mahasiswa yang bisa lulus cepat dan dengan IPK tinggi lalu memperoleh pekerjaan dengan penghasilan yang tinggi. Menurut saya tidak hanya itu saja.

Mahasiswa yang sukses di organisasi kampus juga merupakan mahasiswa yang sukses studinya. Walaupun dengan waktu yang lebih lama dari yang di rencanakan dan walaupun dengan IPK yang tidak terlalu tinggi. Dengan prestasi di organisasi yang diikuti, mahasiswa ini telah sukses membagi waktu untuk kuliah dan berorganisasi.

Organisasi kampus memiliki tahapan yang sangat jelas. Semester I mahasiswa diperkenalkan dengan organisasi-organisasi yang ada di kampus. Semester II dan III mahasiswa bergabung dengan organisasi kampus tingkat jurusan, fakultas, atau universitas sebagai staff. Semester IV dan V di organisasi tingkat jurusan sebagai pimpinan umum atau organisasi fakultas sebagai pimpinan bidang atau organisasi universitas sebagai staff. Semester  VI dan VII di organisasi tingkat fakultas sebagai pimpinan umum atau organisasi tingkat universitas sebagai pimpinan bidang. Dan terakhir pada semester VIII dan IX sebagai pimpinan umum di oraganisasi tingkat universitas.

Membagi waktu antara organisasi dan kuliah sangatlah sulit. Bobot mahasiswa yang bisa sukses di kuliah dengan mahasiswa yang sukses di organisasi itu sama. Jadi sukses studi = sukses organisasi. Ini menurut saya.

Khamdan Nuryanto

Mahasiswa Matematika

FMIPA Undip Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: