Pematangan Tahap Pembekalan

Tidak ada Kuliah Kerja Nyata (KKN) tanpa pembekalan. Setiap mahasiswa yang akan diterjukan ke lokasi KKN pasti akan melalui tahap pembekalan. Dan diakhir tahap pembekalan, mahasiswa akan menjalani ujian tertulis sebagai bentuk evaluasi tehadap pemahaman yang diperoleh selama pembekalan berlangsung.

Sering kali mahasiswa tidak menganggap penting tahap pembekalan. Mahasiswa hanya mementingkan ujian tertulis dibanding materi-materi yang disampaikan sebelum ujian tertulis. Saat pembekalan KKN, mahasiswa diperkenalkan tentang banyak hal, tentang apa itu KKN, bagaimana sejarah munculnya KKN, dan yang terpeting adalah apa tujuan utama dari KKN itu sendiri. Jika sejak awal mahasiswa tidak memperdulikan proses ini, maka bagaimana kinerja di lokasi KKN? Sudah dapat dipastikan, tujuan yang sudah dicanangkan tidak akan tercapai.

Pembekalan KKN tidak bisa dilakukan dalam waktu satu hari. Materi-materi yang disampaikan harus disampaikan secara bertahap agar benar-benar bisa dipahami oleh mahasiswa. Ditambah mahasiswa peserta KKN adalah mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi, sehingga dibutuhkan waktu yang banyak untuk saling mengenal satu sama lain.

KKN sekarang sudah sangat berbeda dengan KKN pertama kalinya. Perbedaan yang paling mendasar adalah tahap awal, yaitu proses pendaftaran. Dulu peserta KKN adalah mahasiswa-mahasiswa yang dengan rela dan ikhlas mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh kampus. Sekarang KKN adalah komponen wajib untuk memperoleh gelar sarjana, sehingga kesadaran dan keihlasan untuk melakukannya jelas sangat jauh berbeda.

 Sekarang adalah hari ini, kita jadikan masa lalu sebagai pelajaran. Saat ini seluruh mahasiswa diwajibkan melaksanakan KKN. Tinggal bagaimana kita memperbaiki sistem yang sudah ada agar tujuan awal KKN bisa tercapai.

Pada tahap pembekalan, mahasiswa akan diperkenalkan tentang seluk-beluk KKN, mulai sejarah hingga tema KKN yang akan dijalankan. Mahasiswa akan diperkenalkan kondisi dan potensi desa lokasi KKN. Dan terakhir mahasiswa akan melaksanakan ujian tertulis.

Minimal dibutuhkan 3 hari pertemuan agar tahap pembekalan benar-benar matang. Hari pertama untuk memperkenalkan sejarah KKN dan tema KKN yang akan dibawa. Hari kedua untuk memperkenalkan kondisi dan potensi lokasi KKN yang akan dituju. Dan hari ketiga untuk ujian tertulis. Dengan demikian mahasiswa bisa lebih siap melakukan KKN dan pelaksanaan KKN bisa sesuai dengan konsep awal yang telah dibuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: