KKN Mandiri Lebih Baik

Kuliah Kerja Nyata (KKN) biasa dilakukan dengan mengabungkan mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan. Namun, terdapat KKN mandiri yang hanya terdiri dari satu fakultas atau satu jurusan, seperti yang sudah dilakukan oleg Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

KKN mandiri lebih baik karena mahasiswa bisa lebih maksimal menerapkan ilmu yang sudah diperoleh melalui pengabdian masyarakat. Hasil KKN yang dicapaipun lebih jelas. KKN seperti ini bisa saja dilakukan di faklutas-fakultas lain seperti MIPA, Teknik, Ekonomi, Hukum, dll. Setiap fakultas bisa memilih tema masing-masing yang sesuai dengan ilmu yang dipelajari dan tentang permasalahan yang sedang berkembang.

Tidak mudah untuk membuat KKN mandiri. Butuh tahap demi tahap, fakultas yang dirasa sudah bisa menjalankan KKN mandiri, segera bisa diterapkan. Sedangkan yang masih belum bisa, bisa menjalankan KKN bersama seperti biasa.

Pada dasarnya KKN bertujuan untuk pengabdian kepada masyarakat. Sehingga hasil akhir yang diharapkan adalah masyarakat merasakan manfaat dari mahasiswa peserta KKN. bagaimana mungkin masyarakat bisa merasaka manfaat KKN jika tujuan dari KKN masih terlalu umum, sehingga masyarakat tidak mengetahui tujuan mahasiswa datang ke lokasi KKN. Berbeda dengan KKN mandiri yang memiliki tujuan yang jelas, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengetahui tujuan kedatangan mahasiswa peserta KKN. Dan hasil yang akan didapatkan akan lebih baik.

Tidak perlu ratusan atau ribuan peserta KKN. bahkan hanya dengan puluhan mahasiswa peserta KKN, KKN mandiri masih bisa dijalankan. Namun jika jumlah peserta KKN belum mencukupi bisa saja dilakukan gabungan antara dua fakultas yang memiliki keilmuan yang hampir sama.

Dibutuhkan waktu dan penyesuaian yang cukup lama untuk bisa menjadikan KKN mandiri ada disetiap fakultas. Tapi jika ini lebih baik, mengapa tidak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: