Tidak Tahun Ini

Meskipun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KemenDikBud) telah menyatakan bahwa mulai tahun ini nilai ujian nasional (UN) akan dijadikan evaluasi akhir penerimaan calon mahasiswa disebuah perguruan tinggi negeri (PTN) namun kebijakan itu masih memiliki banyak kendala untuk benar-benar direalisasikan.

Sekolah dalam hal ini siswa sebagai objek yang menjadi sasaran dalam kebijakan ini belum banyak mengetahui tentang kebijakan yang akan menentukan masa depan mereka ini. Siswa hanya mengetahui bahwa nilai UN hanya menjadi syarat kelulusan sekolah tidak sebagai syarat untuk masuk PTN. Sebagian siswa mungkin sudah mengetahui kebijakan ini dari pemberitaan di internet. Namun, apakah kebijakan yang masih belum tersosialisasikan dengan baik kepada siswa sebagai objek utama ini masih akan tetap diterapkan?

Selain itu, guru di sekolah-sekolah juga menyatakan hal yang sama bahwa sosialisasi mengenai kebijakan nilai UN akan dijadikan sebagai syarat masuk PTN belum banyak diketahui. Sekali lagi sosialisasi dan pemahaman kepada guru sebagai tenaga pendidik di sekolah harus lebih diperhatikan. Sebelum kebijakan ini benar-benar diterapkan.

Perguruan tinggi negeri (PTN) juga belum tentu bisa menerima kebijakan ini. Secara hirarki PTN memang berada di bawah  KemenDikBud, itu artinya PTN harus mengikuti segala kebijakan yang dikeluarkan oleh KemenDikBud. Namun bukan berari PTN tidak bisa memberikan aspirasinya. Setiap PTN memiliki cara masing-masing untuk melakukan seleksi pada calon mahasiswa barunya. Dan cara tersebut disesuaikan dengan predikat PTN itu sendiri.

Kebijakan ini sebenarnya bertujuan baik, yaitu agar pendidikan di Indonesia berkesinambungan. Mulai dari pendidikan dasar, menengah, atas hingga pendidikan di perguruan tinggi. Namun dengan kendala-kendala yang ada, kebijakan ini sebaiknya tidak diterapkan tahun ini. Mungkin tahun depan.

1 Komentar »

  1. Nadine Nindya Latitave Perdana Said:

    keren


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: