PENGALAMAN LULUS SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN PEGAWAI TETAP PT PEGADAIAN (PERSERO) TAHAP II TAHUN 2012

Jakarta, 2012-10-31 10:21:47 PT Pegadaian (Persero) melalui websitenya mengumumkan KESEMPATAN KARIR PT PEGADAIAN (PERSERO) . Saya yang baru memperoleh informasi di awal bulan November hasil browsing sana-sini harus segera mengurus segala persyaratan karena ternyata hari terakhir pengumpulan berkas adalah 10 November 2010. Dalam tulisan ini saya akan berbagi pengalaman tentang proses pengurusan berkas lamaran hingga akhirnya saya dinyatakan lulus seleksi adminstrasi. Semoga bermanfaat… <(^_^)

 

Kita mulai… Untuk ketentuan umum pelamar, persyaratan administrasi dan tata cara melamar bisa di download di link di sini (jika rusak silahkan coment, karena pengumuman tidak bertahan lama di website pegadaian).

Ketentuan Umum secara singkat adalah WNI, D3 (diutamakan S1) Akreditasi min B, IPK min 2,75 PTN 3,00 PTS, usia max 27 tahun, belum menikah, tidak buta warna, bebas narkoba.

Persyaratan administrasi secara singkat adalah surat lamaran (sudah ada formatnya), CV, foto berwarna 4×6 4lbr, full body poscard 2lbr, Foto Copy KTP, Foto Copy Akte Kelahiran, Foto Copy Ijasah, Foto Copy Transkrip Nilai, Asli Surat Keterangan Belum Menikah (minimal dari Kelurahan/Desa  setempat), fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian yang masih berlaku, Asli Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Rumah Sakit/Puskesmas.

Adapun yang harus diperhatikan agar dapat lolos adalah meatuhi semua perintah yang ada di persyaratan, jangan coba-coba karena biaya untuk mengurus semua administrasi ini hampir Rp.300 ribu.

Tips dari saya (pengalaman pribadi):

1. foto terbaru,

2. akreditasi jurusan sangat penting, tidak ada surat pakai sertifikat akreditasi jurusan yg sudah dilegalisir tidak apa2, (saya pakai sertifikat, karena kebetulan punya softfilenya)

3. untuk surat keterangan belum menikah dan SKCK cara membuatnya adalah minta pengantar RT/RW untuk keperluan surat keterangan belum menikah dan SKCK untuk melamar pekerjaan. Setelah dari pak RT, pak RW, langsung ke Kelurahan, sekitar 1jam surat keterangan belum menikah sudah jadi dan surat pengantar SKCK juga jadi. Surat pengantar SKCK dari kelurahan dibawa ke Kantor Polisi terdekat, disana banyak foto berwarna yg diperlukan, saya lupa jumlah pastinya yg jelas ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6 semua dibutuhkan, siapkan saja masing2 minimal 3lbr. Untuk point 3 ini total biaya kurang lebih Rp. 50 ribu, (jangan lupa semua difotocoy untuk dilegalisir)

4. ini yang paling mahal, total sekitar Rp 250 ribu untuk surat keterangan tidak buta warna dan bebas narkoba. Pastikan anda membuatnya di RSUD bukan di klinik atau RS swasta. Proses point 4 ini sekitar 3-4jam, jadi datanglah ke RS jam7 pagi agar siang sudah selesai semuanya. (jangan lupa semua difotocopy untuk dilegalisir)

Itu aja tips (pengalaman) dari saya semoga bermanfaat. Kirim semua berkas tepat waktu, jangan mepet2. Sekedar info dari hasil browsing juga, gaji pokok pegawai tetap setelah lulus OJT adalah Rp 7 juta <(^_^)

tahap2 seleksi berikutnya akan saya tuliskan ditulisan yang lain. terima kasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: